-->

Keseimbangan Formulasi Pakan Unggas

ayam petelur - Saat menyusun formulasi pakan unggas, secara teknis kita mesti memenuhi beberapa kriteria keseimbangan formulasi pakan unggas. Dalam kesempatan ini berkaitan dengan sisi bisnisnya. Harga pakan komplit layer rata-rata 1,3 - 1,5 kali harga jagung giling. Bila milai ratio pakan komplit kurang atau lebih dari batas normal, tentu ada efek negatifnya.

Alasan kenapa perlu dianalisa ratio harga jagung dengan pakan komplit karena porsi penggunaan jagung adalah dominan. Porsi dalam formula pakan layer bisa 50-60%.

Apa saja efeknya bila ratio-nya berada di bawah atau di atas batas normal, mari kita diskusikan dengan rumput yang bergoyang.

Kalau punya data-data harga pakan komplit dan harga jagung rata-rata bulanan, silakan membandingkan sendiri apakah harga pakan layer Anda secara bisnis sudah berada di posisi rasio yang tepat.

Susahnya kalau kerjanya tidak dicatat dengan baik dan benar sehingga tidak punya data. Apa yang mau dianalisa.

Rata-rata harga jagung dan pakan komplet layer pada tahun 2015 di Ciamis, Jawa Barat.

CATATAN :

  1. Harga pokok produksi (HPP) telur sejak 2010 berlaku rumus :
    HPP telur = Rata-rata harga pakan komplit (Rp/kg) x 3,33 (FCR global), dengan catatan FCR produksi rata-rata semua umur 2,30;
  2. Bila FCR ayam Anda rata-rata produksi lebih kecil dari 2,30, tentu lebih efisien kinerja Anda, untungnya lebih banyak. Bila FCR produksi telur rata-rata semua umur >2.3, maka usaha peternakan ayam petelur Anda, kurang ekonomis.
by: Mukti Abadi

0 Response to "Keseimbangan Formulasi Pakan Unggas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel