-->

Apakah Merpati Pos Short atau Long Distance Harus Beda Line?

papua - Review BPKB 2018, Kita ketahui BPKB adalah lomba terbang bersama gabungan beberapa  POMP. Ada plus minus dalam lomba BPKB, plusnya adalah terjalin kebersamaan antar POMP dan biaya lomba lebih murah. Minusnya adalah umumnya dari sisi burung, burung lebih lama di perjalanan dan adanya tarik menarik burung peserta lomba dan beda beda POMP, pastinya burung yang sukses dari lomba ini adalah burung mental baik.

Salah satu POMP peserta dari ujung barat Pulau Jawa adalah BRPC dan ALBD makin jauh titik lepasan mulai gabung dengan POMP-POMP di Jawa Tengah dan Timur berahir lomba BPKB di ujung Pulau Jawa Ketapang Jawa Timur.

Setalah lomba BPKB berakhir dilanjutkan untuk lepasan Bali dan Sumbawa juga terbang bersama ikut penerbangan POMP dari jawa timur. Hasilnya adalah 2 burung peserta terbang bersama untuk jarak terjauh tahun 2018.

ID16-65429 "Sambora"
Sumbawa-Bandung 1098.3981KM
Race & Breed by Arsenal
POMP ELANG-ALBD

ID16-65404 "Tambora"
Sumbawa-Bekasi 1173.5180KM
Race by Daya Harta, Breed By Arsenal
POMP BRPC

Kita amati ternyata asal kandang breeder yang sama Indra Lukita, quote yang terenal Indra Lukita di Forum Merpati Pos Indonesia
"Hanya ada 2 tipe burung Merpati Pos : Burung bagus atau Burung jelek, Burung Hanyalah Burung Tidak Kurang Tidak Lebih, tidak ada burung short atau long, yang ada adalah burung di kondisikan sesuai permainannya"
sangat cocok dengan perkataan Geoff Kirkland :
"A good manager with good pigeons was a very dangerous man"

Jadi masih percaya burung short atau burung long itu beda line? atau logika baju tangan panjang masih bisa dipendekin, pendek tidak bisa dipanjangin ? atau dengar dikeramaian 0860 burung short tidak bisa buat long?

Saya makin percaya hanya ada burung bagus dan burung jelek pengolahan materi ada ditangan pemain yang menentukan. Indra lukita bisa mengolah burung line yang sama menjadi juara segala kondisi (short middle long juga extra long )

Daya Harta dari BRPC dikenal tiap tahunnya melombakan burung yang bukan hasil breedingannya, bisa dibilang sering menyabet juara middle dan long

Pak Daya Harta belum menguasai untuk teknik mendoninasi short distance, pernah saya transfer pemain dari anakan juara short distance pun hasilnya tetap sama burungnya di kandangnya jadi middle dan long. Pointnya adalah bagaimana menjadi manager kandang yang baik untuk kondisi lomba yang kita pilih.


Semoga bermanfaat dan salam POMPSI

by Arulman Nasr

0 Response to "Apakah Merpati Pos Short atau Long Distance Harus Beda Line?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel