-->

Meminimalkan Kematian Ikan Saat Listrik Mati

indonesian cichild - Mati listrik atau pun pemadaman listrik merupakan momok menakutkan bagi pecinta ikan hias yang memelihara ikan dengan jumlah banyak dalam satu wadah. Bagaimana tidak, tentu ikan-ikan tersebut sangat bergantung pada suplai oksigen yang berasal dari aerator maupun filter air, jika listrik padam dalam jangka waktu yang lama sudah bisa dipastikan ikan banyak yang mati karena kehabisan oksigen.
Oleh karena itu, untuk mengurangi jumlah korban saat mati listrik dengan jangka waktu diatas 2 jam, Sobat bisa mencoba tips berikut ini:
  1. Hindari populasi ikan yang padat penduduk (ikan dengan size 10cm keatas membutuhkan oksigen yang lebih banyak dari ikan yang ukuran kecil)
  2. Jika aerator DC dirasa sudah tidak mampu menolong yang biasanya ditandai dengan ikan-ikan besar mulai naik ke permukaan berusaha ambil oksigen dari luar air (karena oksigen terlarut di air sudah menipis).jika sudah sampai taraf ini jangan tunda lagi segera kurangi ketinggian air sampai dirasa si ikan cukup mudah untuk mengambil oksigen dari luar (diatas sirip atas ikan 5cm). Dengan cara ini ampuh menambah kesempatan hidup ikan lebih lama.
  3. Jika kita mendapatkan info dari PLN akan ada pemadaman listrik,sangat dianjurkan untuk tidak memberikan pakan apapun(karena sisa makanan yang tertinggal berbahaya buat ikan) dan kondisi ikan kenyang lebih lemah dalam kondisi tanpa oksigen tambahan saat mati listrik.
  4. Jika ruangan dan dana memadai jangan tunda untuk menambah tank gunanya biar semakin sedikit jumlah ikan menghuni dalam 1 tank makan supply oksigen terlarut dalam air semakin banyak.
  5. Jika berlebih lagi dana nya silahkan beli aerator DC,UPS atau generator bensin sekalian.masa ikan harga jutaan terbeli tanpa mikir tapi beli alat-alat penolong mereka kok mikir-mikir.
Sekian beberapa poin penting untuk meminimalkan jumlah kematian ikan ketika listrik padam dalam waktu yang lama, semoga bermanfaat.(surabaya lovers)

0 Response to "Meminimalkan Kematian Ikan Saat Listrik Mati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel